PDB
POSITIONING, DIFFERENTIATION, BRANDING
POSITIONING
Positioning
adalah proses penciptaan akan image dari produk untuk dapat dipegang dalam
pikiran konsumennya sehingga dapat bersaing melawain produk-produk pesainnnya.
Dengan positioning yang jelas, konsumen dapat dengan jelas memahami apa yang
menjadi ciri unik dalam produk kita ketika dibandingkan dengan produk
pesaingnya.
Garuda Indonesia telah dengan jelas menyatakan posisinya.
Dengan mengetahui dan menentukan posisi dirinya, membuat Garuda Indonesia dapat
dengan jelas siapa yang menjadi target pemasaran mereka. Hal ini tercermin dalam visi Garuda Indonesia
yaitu “Menjadi perusahaan penerbangan pilihan utama
di Indonesia yang berdaya saing internasional”.
Dalam gambaran yang lebih konkrit, posisi Garuda Indonesia telah
memberikan posisi yang di jelas di pandangan masyarakat luas dimana ketika
seseorang berbicara kata “Garuda Indonesia” itu berarti sebuah maskapai
penerbangan yang sangat memperhatikan kualitas pelayanan bagi seluruh
penumpangnya, bukan sebuah maskapai penerbangan yang hanya memberikan jasa
tranportasi udara tetapi tanpa memperhatikan keselamatan penumpang dan
kenyamanan selama perjalanan. Garuda Indonesia melakukan perubahan dalam usaha
mengambil hati konsumennya dari company-oriented menjadi customer-oriented. Dari
sekedar “service”, kita menjadi lebih mengarah pada “caring service”.
Hal tersebut telah tercermin juga dalam
misi-misi Garuda Indoenesia dimana hal itu juga telah mempengaruhi seluruh
aspek dalam Garuda Indonesia dimana segala tindak lakunya. Hal ini bisa dilihat
pada beberapa hasil pencapaian yang telah dilakukan oleh Garuda Indonesia
seperti layanan kerja sama dengan kantor imigrasi dan layanan bea cukai, dimana
konsumen Garuda Indonesia diberikan hak khusus akan layanan imigrasi dan bea
cukai sehingga mereka tidak perlu susah payah antri menunggu giliran diproses seperti
penumpang pada maskapai penerbangan yang lain
Selain itu, Garuda Indonesia berusaha untuk memperbaiki
tingkat keamanan dan jaminan keselamatan bagi seluruh penumpangnya dengan cara
mendapatkan sertifikat IATA Operational Safety Audit pada tahun 2008 dengan
cara yang sangat susah dan harus melewati proses yang panjang. IATA Operational
Safety Audit adalah sertifikasi internasional di bidang jaminan keselamatan dan
telah diakui oleh internasional. Sebagai informasi, Garuda Indonesia adalah
maskapai penerbangan Indonesia yang pertama dan satu-satunya dari Indonesia
yang telah mendapatkan sertifikasi internasional tersebut.
Baru-baru ini, Garuda Indonesia juga telah membangun
sebuah service center di Jakarta yang disebut dengan sebutan Garuda Indonesia
Service Center. Garuda Indonesia mencoba untuk meningkatkan kualitas layanan
kepada pelanggan dengan konsep “excellent service” dimana melalui service
center ini, Garuda Indonesia melayani berbagai macam kebutuhan penerbangan bagi
penumpang mulai dari sebelum penerbangan hingga sesudah penerbangan.
DIFFERENTIATION
Garuda
Indonesia telah melakukan diferensiasi pada produk yang ditawarkan kepada
seluruh penumpangnya dengan konsep “excellent service”. Konsep layanan tersebut
telah menjadi faktor yang membedakan Garuda Indonesia dibandingkan para
kompetitornya yang lain. Ketika yang lain berusaha bergerak di bidang “low cost
carrier”, Garuda Indonesia tidak serta merta melakukan penghancuran harga untuk
tetap mengambil hati pelanggan dimana hal ini bisa membunuh visi Garuda
Indonesia yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun, Garuda Indonesia justru
berusaha menarik hati pelanggannya melalui konsep “excellent service”. Garuda
Indonesia percaya bahwa dengan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi melalui
kualitas layanan yang tinggi pula akan pelanggan tersebut untuk kembali lagi
dan tidak sungkan untuk mengeluarkan nilai yang lebih.
Untuk
tetap mengambil hati di pandangan pelanggan yang masih berorientasi pada harga
yang murah, Garuda Indonesia telah membuat sebuah anak perusahaan baru bernama
“Citilink” dimana anak perusahaan ini menggunakan konsep “low cost carrier”
namun tetap mempertahankan kualitas layanan yang tinggi pula (walau tidak
setinggi Garuda Indonesia).
Hal ini
diharapkan, Garuda Indonesia dapat tetap mempertahankan standar layanan yang
tinggi serta dapat mengambil hati di masyarakat yang masih menjadikan factor
harga sebagai faktor utama dalam pemilihan maskapai.
BRANDING
Garuda
Indonesia telah mempunyai branding yang cukup kuat di kalangan masyarakat
Indonesia dimana Garuda Indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu maskapai
penerbangan yang menjadi pioner utama dalam dunia penerbangan dengan prestasi
keamanan dan jaminan keselamatan penumpang yang tinggi serta kualitas layanan
yang tinggi yang selalu diperbaiki dari waktu ke waktu. Di dunia internasional,
Garuda Indonesia telah menjadi salah satu maskapai penerbangan yang telah
mempunyai beberapa rute penerbangan internasional yang tidak kalah bersaing
dengan maskapai penerbangan internasional lainnya dimana Garuda Indonedia
mencoba mengadopsi kultur Indonesia di dalam setiap layanan penerbangan yang
mereka berikan sehingga dapat memberikan unsur unik dalam pelayanannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar